oscobatam@gmail.com
Kamis, 5 Maret 2020

PILWAKO - Cita Cita Osco untuk Batam, Inginkan Tenaga Kerja Punya Skill, Bukan yang Murah

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Osco Olfriady Letunggamu mengutarakan pandangannya bagi perenonomian Kota Batam kedepan.

Osco yang sudah menyatakan dirinya maju sebagai bakal calon Wakil Wali Kota pada Pemilihan Wali Kota (pilwako) Batam 2020 terlibat dialog dengan Manajer Peliputan Thomas Limahekin saat mengunjungi kantor Tribunbatam.id, di Jalan Kerapu, Batu Ampar, Kamis (5/3/2020).

Dalam dialog, Osco mengatakan fokusnya soal sektor perindustrian, perekonomian dan investasi.

Dia melihat kondisi perekonomian di Batam yang sedang diterpa badai.

Untuk itu menurutnya, pemerintah harus tanggap demi mencegah lumpuhnya perekonomian di Batam. "Baiknya pemerintah kota memperhatikan investasi yang harus masuk ke Kota Batam. Sekarang ekonomi sedang lemah, pemko harus waspada terhadap kondisi perekonomian yang bisa saja lumpuh. Harus bisa memastikan investasi itu masuk ke Batam," ujarnya. Menurutnya, pemerintah harus bisa mendiversifikasi portfolio Kota Batam, demi bisa mengundang kembali investor masuk.

Osco bercita-cita, apabila dia terpilih menjadi wakil Walikota kelak akan mengundang langsung investor dari tempat-tempat dirinya pernah tinggal.

"Rencananya nanti saya datangi kembali kota-kota di Eropa, Rusia, Australia, dan kota lain yang pernah saya tinggali. Saya surati kamar-kamar dagang negaranya, undang untuk kerjasama. Sebuah keuntungan sebenarnya wilayah Kota Batam ini, posisinya strategis untuk melakukan usaha," kata Osco.

Osco yang memang berniat menjadi wakil wali kota ini mengaku siap dipasangkan dengan siapa saja.

"Saya belum tahu siapa yang saya bidik menjadi pasangan wali kota. Saya hanya wakil, saya siap mendampingi semua bakal calon wali kota yang dipasangkan oleh partai politik," ujarnya. Osco mengaku sudah menjalin komunikasi dengan beberapa bakal calon wali kota. Seperti Muhammad Rudi, Amsakar Achmad, Lukita Dinarsyah Tuwo, Iman Sutiawan, Haris Lambey, maupun Mustofa Widjaya.

"Terakhir dua hari yang lalu saya bertemu dengan Lukita dan Iman," tuturnya.

Demi bisa mencalonkan diri sebagai wakil walikota, Osco pun mengaku sudah membangun komunikasi dengan partai politik.

"Saya sudah daftar resmi di Partai Demokrat, Hanura, dan Gerindra. Selain itu, saya juga sudah komunikasi dengan Partai Golkar, PPO, PAN, dan PDIP," sebut Osco.

Sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Komite Eropa dan Rusia, Osco mengatakan penekanannya menjadi wakil Walikota adalah di sektor ekonomi, perindustrian, dan investasi.

Sebagai pelaku usaha dan aktif di Kadin, Osco menyayangkan ketika dia menemui banyak MoU investasi yang tak kunjung dieksekusi di Indonesia.

"Karena saya di Kadin, jadi saya mengamati, banyak calon investor sudah bertemu dengan pemerintah, namun saya nggak tahu karena kan nggak lihat hasilnya. Jangan sampai orang sekali datang terus tidak di follow up," sambung Osco.

Menurur Osco, Indonesia sangat jago dalam membuat Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama, namun dia menyayangkan setelah itu tidak ada eksekusinya.

"Saya berharap nantinya, bisa mengeksekusi semua kerjasama dengan investor," ujarnya. Fokus Osco jika terpilih menjadi wakil walikota nantinya adalah pengembangan sumber daya manusia. Yang mana adalah pendidikan dan vokasi.

"Selalu saya menyampaikan kepada calon pasangan saya bahwa kita harus menggalakkan pendidikan vokasi," kata Osco. Hal itu penting menurut Osco, karena di Batam sebagai kota industri pekerjanya harus bisa bersaing dengan skill yang mumpuni. "Jadi nilai jual industri kita di Batam ini bukan cheap labour tapi jutru skill labour," tegasnya.

Dasarnya Osco maju untuk menularkan kepada generasi milenial Kota Batam agar tak hanya berdiam diri dan menjadi penonton.

Sumber