oscobatam@gmail.com
Selasa, 31 Maret 2020

Osco Balon Wail Walikota Batam Dinyatakan Negatif Covid-19, Ketahui dari Hasil Rapid Test

osco-negatif

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Osco Olfriady Letunggamu bakal calon (Balon) Wakil Wali Kota Batam yang sempat masuk status orang dalam pengawasan (OPD) Covid -19, kini mulai lega.

Dari hasil rapid test covid-19 atau metode skrining awal menandakan Osco negatif terpapar virus corona.

Osco sendiri diketahui masuk ODP setelah setelah pertemuannya dengan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di kongres Partai Demokrat 15 Maret lalu.

Boy Hermansyah Ketua Sahabat Osco sempat khawatir dengan keadaan Balon wakil Walikota andalannya tersebut.

Boy bahkan menyampaikan bahwa Sahabat Osco Chapter Batuaji, Batuampar dan Batam Kota gelisah dengan kabar berita yang beredar.

Ridho koordinator Sahabat Osco dari chapter Batuampar sempat menyampaikan apa yang bisa mereka bantu untuk Osco, bahkan Windri dari chapter Batuaji sempat mencarikan Osco rapid test covid-19 ke teman-temannya.

“Kami bersyukur Senin (30/3/2020) siang pak Osco Sudah mendapatkan alat test covid-19 dan hasilnya negatif," kata Boy, Selasa (31/3/2020).

Osco mengabadikan hasil rapid test covid-19 tersebut dalam video yang diuplod ke channel youTube oscobatam.

Dalam video itu terlihat Osco sangat berhati-hati membuka alat rapid test covid-19. Alat metode skrining awal itu didapat Osco hanya satu saja.

Satu persatu Osco menjelaskan alat rapid test yang dibukanya dari kemasan. Setelah itu, Osco langsung mengambil daraf serta buffer cairan. Lalu ditetaskan sebanyak dua kali.

Tahap demi tahap Osco melakukan tes tersebut hingga mendapatkan hasilnya. Dari hasil rapid test itu dinyatakan negatif terpapar Covid-19.

Melalui video tersebut Osco mengaku bersyukur negatif covid-19 dan bukan pembawa (carrier) virus tersebut.

Dia berpesan untuk menjauhi kerumunan dan jaga kesehatan serta lindungi diri sendiri. Karena secara otomatsi akan melindungi orang lain.

"Ini adalah bentuk dukungan kita kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Cara yang sangat kreatif untuk kita tiru dalam menjelaskan atau membuat klarifikasi atas sebuah kejadian dengan memakai sosial media," kata Osco.

Bertemu dengan Bupati Karawang Positif Virus Corona, Bakal Calon Wakil Wali Kota Batam ODP Covid-19

Ia diketahui sempat bertemu dengan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana di Jakarta Minggu (15/3/2020) lalu, ketika Kongres Partai Demokrat berlangsung.Bupati Karawang ini terkonfirmasi positif virus Corona, Selasa (24/3/2020).

Osco dan Cellica memang berteman bahkan terlihat sempat bercengkrama serta bercanda dengan Steven Rumangkang dan Vera Febyanthy Anggota komisi 11 DPR RI di Kongres tersebut.

Ketua team Sahabat Osco, Boy Hermansyah menyampaikan, sejak ditetapkannya Bupati Karawang positif Covid-19, Osco berusaha mencari rapid test, namun tidak menemukannya.

“Kami Sudah menganjurkan pak Osco untuk mengunjungi rumah sakit tapi yang bersangkutan bilang kepada saya untuk berpikir positif dan jangan cepat panik. Karena kita harus dahulukan kepentingan masyarakat Kota Batam yang sudah sakit dan mempunyai gejala Covid-19. Jadi dahulukan masyarakat yang membutuhkan dan support pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus ini dengan kita mengisolasi diri” kata Boy, Minggu (29/3/2020).

Balon Wakil Wali Kota Batam ini memang membutuhkan alat test virus Covid-19. Namun, ia memilih mengalah untuk memprioritaskan masyarakat untuk menggunakan rapid test itu.

"Selanjutnya, menenangkan Tim Sahabat Osco dan mengisolasi dirinya agar tidak menularkan atau menjadi pembawa (carrier) virus Covid-19," katanya.

Perhatian terhadap Kesehatan Osco datang dari berbagai tokoh masyarakat. Antara lain Ketua DPC Partai Demokrat kota Batam Hotman Hutapea dan Sahat Parulian Tambunan anggota DPRD Kota Batam yang sempat menanyakan kabar kesehatan Osco.

"Bahkan dukungan doa juga datang dari Pengurus DPC Partai Hanura Dado Herdiansyah dan kader Partai Hanura. Dave Revano pemilik JNet Global Media dan Arie Harun Al-Rasyid putra dari Mantan Gubernur NTB turun tangan untuk membantu Osco mencarikan rapid test Covid-19," ujarnya.

Sebelumnya, Osco muncul dalam keadaan sehat di Rumah PAN DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Batam Jumat (20/3/2020) lalu ketika mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Wakil Wali Kota Batam.

Selain relawan Sahabat Osco, Perempuan Demokrat, Insan Muda Demokrat dan Komunitas Toraja kota Batam ikut mendampinginya ketika itu.

"Saat itu Osco sempat menyampaikan rasa prihatinnya terhadap kader terbaik Partai PAN Wali Kota Bogor Bima Arya yang positif Covid-19. Osco memang mempunyai rasa simpati yang tinggi terhadap kepentingan umum serta kesehatan," katanya. (Tribunbatam.id/zabur anjasfianto)

Sumber